Pelatihan Accessor Kompetensi

accessor training

Pelatihan Assesor Kompetensi

 

Kompetensi adalah persyaratan standar bagi seseorang untuk berhasil dalam bidang pekerjaannya. Lebih jauh lagi kompetensi adalah kualitas yang menunjukkan bahwa sesorang mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan. Pada dasarnya setiap pekerjaan harus dilakukan oleh tenaga kerja yang kompeten, karena kompeten maka seseorang diberi kewenangan. Tenaga kerja yang kompeten dan profesional pasti dapat bekerja secara produktif. Produktivitas inilah yang akan menjadi pertumbuhan, peningkatan daya saing dan kesejahteraan.

Pada konteks pelaksanaan uji kompetensi atau penilaian berbasis kompetensi, seorang Asesor Uji Kompetensi memiliki peran yang sangat penting dan menentukan dalam mencapai kualitas uji kompetensi yang diharapkan. Seorang asesor tidak hanya memiliki tugas untuk mengarahkan dan membimbing peserta uji kompetensi (Assessee) dalam proses uji kompetensi, lebih dari itu juga berfungsi sebagai seorang fasilitator yang mampu mendorong dan membimbing peserta untuk menjalankan proses pembelajaran secara mandiri (self learning) dalam mencapai kompetensi yang dipersyaratkan. Melihat peran penting dari seorang asesor,  perlu dipersiapkan suatu mekanisme dan prosedur dalam mempersiapkan, menyeleksi, melatih, mensertifikasi dan mengembangkan seorang asesor untuk mencapai kompetensi yang dipersyaratkan.

Training sertifikasi asesor kompetensi ini memberikan training dengan isi materi pembelajaran yang dikhususkan bagi calon asesor kompetensi. Adapun kontennya terkait kompetensi metodologi asesmen  yang mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

TUJUAN

  1. Memberikan Peserta Pelatihan Pengetahuan terkait ruang lingkup sertifikasi asesor kompetensi ini adalah menjadikan Praktisi Kompeten dalam mempersiapkan, melaksanakan dan evaluasi Uji Kompetensi.

MATERI

  1. Sesion 1 Pengantar tentang BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  2. Sesion 2 ASESOR
  3. Sesion 3 STANDAR KOMPETENSI & SKKNI Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia
  4. Sesion 4 KONSEP CBT/CBA Competency Based Training
  5. Sesion 5 PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN ASESMEN (TAAASS401C )
  6. Sesion 6 PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN (TAAASS403B )
  7. Sesion 7 MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI (TAAASS402C)
  8. Sesion 8. Pra – Real Asesmen
  9. Sesion 9. RA (Real Asesmen / Uji Sertifikasi Asesor Kompetensi )

PEMATERI

  1. Master asesor dari BNSP
  2. Master penguji dari BNSP

Persyaratan PESERTA:

  1. Minimal pendidikan S1 dan membawa CV
  2. Profesi disesuaikan dengan SKKNI dan LSP yang ada
  3. Mampu mengoperasikan komputer/laptop
  4. Membawa Laptop dan pasphoto 3 x 4 sebanyak 4 lembar

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi

WAKTU DAN PELAKSANAAN

Angkatan I: 23 – 28 April 2018
Angkatan II : 21 – 26 Mei 2018
Angkatan III : 26 – 30 Juni 2018
Angkatan IV : 6 – 10 Agustus 2018

TEMPAT KEGIATAN
LPP Convention Hotel Yogyakarta, Jl. Demangan Baru No. 8 Yogyakarta

 BIAYA KEGIATAN

Rp. 8.500.000,- /peserta * Non Residensial
Biaya tersebut belum termasuk penginapan selama kegiatan berlangsung
Fasilitas : Lunch,Coffe break 2 kali sehari, sertifikat, CD Materi dan seminar kit (Tas exclusive, Materi, Block Note, bullpoint, dll)

Kegiatan akan dilaksanakan dengan jumlah peserta minimal 15 orang

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Share Button