Pelatihan Job Safety Analysis (JSA)

PENGANTAR

Dalam melakukan suatu kegiatan/pekerjaan, dapat terjadi insiden, yang dapat mengakibatkan kerugian baik fisik maupun materil, baik bagi organisasi maupun karyawan. Insiden kerja tersebut dapat diatasi dengan mencari penyebab insiden tersebut sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahannya. Untuk itu setiap karyawan perusahaan memiliki tanggung jawab yang sama besar untuk menekan setiap resiko atau bahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja dirinya dan rekan sejawatnya. Hal ini sesuai dengan Kepmen No. 555K/Kep/2005. Untuk itulah dibutuhkan sebuah analisa keamanan pekerjaan, yang sering popular dengan sebutan Job Safety Analysis (JSA).

Job Safety Analysis (JSA) atau dikenal juga dengan Job Hazard Analysis merupakan upaya untuk mempelajari/menganalisa dan serta pencatatan tiap-tiap urutan langkah kerja suatu pekerjaan, dilanjutkan dengan identifikasi potensi-potensi bahaya di dalamnya kenudian diselesaikan dengan menentukan upaya terbaik untuk mengurangi ataupun menghilangkan/mengendalikan bahaya-bahaya pada pekerjaan yang dianalisa tersebut.

Dengan menyusun/menerbitkan dan mensosialisasikan Job Safety Analysis pada tenaga kerja merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja. Untuk mecegah insiden yang terjadi di tempat kerja maka perlu membuat prosedur kerja yang aman, dan semua personil yang ada di lingkungan perusahaan harus memahami dan dapat membuat prosedur kerja aman tersebut. Salah satu prosedur kerja aman adalah JSA. Untuk itu perusahaan perlu memberikan pelatihan mengenai cara membuat dan penggunaan JSA di lapangan.

TUJUAN

  1. Peserta pelatihan diharapkan mendapatkan pemahaman tentang dasar-dasar perlunya JSA
  2. Peserta pelatihan diharapkan mendapatkan pemahaman tentang cara meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang perlunya pencegahan terhadap kecelakaan.
  3. Peserta pelatihan diharapkan mendapatkan pemahaman sehingga dapat membuat JSA dengan benar dan dapat mengajarkan tentang penggunaan JSA

MATERI

  1. Pemahaman terhadap dasar-dasar perlunya JSA
  2. Tahapan-Tahapan Pembuatan JSA
  3. Pemuteran Film
  4. Praktek Pembuatan JSA
  5. Evaluasi Pembuatan JSA
  6. Diskusi Kelompok

PESERTA

  1. Kepala Teknik Tambang (KTT)
  2. Wakil KTT
  3. Project Manager
  4. Manager/ Supervisor/ Staf HRM Departement
  5. Manager/ Supervisor/ Staf HSE Departement

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

No Bulan Opsi Tanggal Pelatihan Opsi Tempat Pelatihan
1 Januari 8-10 Januari 2018  Hotel MM UGM Yogyakarta
Hotel LPP Garden Yogyakarta
Hotel LPP Convention
Fame Hotel Batam
Ibis Kuta Bali
2 Februari 15-17 Februari 2018
3 Maret 19-21 Maret 2018
4 April 26-28 April 2018
5 Mei 21-23 Mei 2018
6 Juni 7-9 Juni 2018
7 Juli 16-18 Juli 2018
8 Agustus 23-25 Agustus 2018
9 September 17-19 September 2018
10 Oktober 18-20 Oktober 2018
11 November 12-14 November 2018
12 Desember 20-22 Desember 2018
 
BIAYA KEGIATAN
Rp. 6.000.000,- /peserta * Non Residensial
Biaya tersebut belum termasuk penginapan selama kegiatan berlangsung
Fasilitas : Lunch,Coffe break 2 kali sehari, sertifikat, CD Materi dan seminar kit (Tas exclusive, Materi, Block Note, bullpoint, dll)
Kegiatan akan dilaksanakan dengan jumlah peserta minimal 5 orang

jenis training

Views All Time
Views All Time
73
Views Today
Views Today
1
Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *