Pelatihan Manajemen Kepensiunan Basic with Good Pension Fund Governance (GPFG)

PENDAHULUAN

Pada prinsipnya, dana pensiun merupakan salah satu alternatif untuk memberikan jaminan kesejahteraan kepada karyawan. Adanya jaminan kesejahteraan tersebut memungkinkan karyawan untuk memperkecil masalah-masalah yang timbul dari risiko-risiko yang akan dihadapi dalam perjalanan hidupnya, misalnya risiko kehilangan pekerjaan, lanjut usia, dan kecelakaan yang mengakibatkan cacat tubuh atau bahkan mungkin kematian. Risiko-risiko tersebut memberikan dampak finansial, terutama bagi kehidupan karyawan dan keluarganya. Sehingga kesejahteraan yang bersangkutan akan menggangu kelangsungan hidupnya. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya keadaan-keadaan tersebut sehingga diciptakanlah beberapa usaha pencegahan antara lain dengan penyelenggaraan maupun pemerintah sebagai pemberi kerja yang telah dikenal selama ini. Setiap orang ingin di masa pensiunnya menikmati hidup yang layak, terutama mereka yang dimasa mudanya mempunyai kehidupan yang layak dan normal. Masa pensiun merupakan periode yang sangat ditakuti berbagai pihak bila tidak dipersiapkan dengan baik.

Di negara-negara maju, penyelenggaraan program pensiun sebagai salah satu bentuk kesejahteraan bagi karyawan, baik pemerintah maupun perusahaan-perusahaan swasta telah dilakukan sejak tahun 1800-an. Selanjutnya, untuk lebih meningkatkan produktivitas serta untuk memberikan daya guna dan hasil guna yang optimal dalam peyelenggaraan program pensiun sesuai dengan fungsinya, pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang No 11 Tahun 1992 tentang dana pensiun. Selain itu di Indonesia dengan dikeluarkannya keputusan ketua BAPEPAM tentang Good Pension Fund Governance (GPFG) dapat melindungi kepentingan para pensiunan dari kelalaian atau kesalahan pengelolaan serta untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penyalahgunaan dan atau penyelewangan dalam pengelolaan dana pensiun. Pelatihan ini akan membahas mengenai basic Good Pension Fund Governance (GPFG) yang perlu diketahui oleh para karyawan apabila masa pensiun mereka telah tiba.

TUJUAN

Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta dapat memahami tentang basic Good Pension Fund Governance (GPFG) sehingga meminimalisir penyalahgunaan dana pensiun oleh individu yang tidak bertanggungjawab.

MATERI

  1. Konsep dasar Good Corporate Governance dan Best Practice di Indonesia dan Dunia Internasional
  2. GPFG Infrastructure dan Softstructure.
  3. Konsep komprehensif dari Good Pension Fund Governance
  4. Organ-organ dan kebijakan yang sesuai dengan implementasi GPFG
  5. GCG Awareness & Strategi Implementasi GCG
  6. Kebijakan regulator di bidang Dana Pensiun dan arah kebijakan ke depan
  7. Pengimplementasian GPFG di Dana Pensiun secara tepat guna dan sasaran
  8. Metode GPFG Assessment dan Self Assessment Checklist

PESERTA

  1. Manger/Supervisor/Staf bagian Administrasi dan Keuangan
  2. Manger/Supervisor/Staf Pengelola Dana Pensiun
  3. Manger/Supervisor/Staf bidang lain yang relevan

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

No Bulan Opsi Tanggal Pelatihan Opsi Tempat Pelatihan
1 Januari 8-10 Januari 2018  Hotel MM UGM Yogyakarta
Hotel LPP Garden Yogyakarta
Hotel LPP Convention
Fame Hotel Batam
Ibis Kuta Bali
2 Februari 15-17 Februari 2018
3 Maret 19-21 Maret 2018
4 April 26-28 April 2018
5 Mei 21-23 Mei 2018
6 Juni 7-9 Juni 2018
7 Juli 16-18 Juli 2018
8 Agustus 23-25 Agustus 2018
9 September 17-19 September 2018
10 Oktober 18-20 Oktober 2018
11 November 12-14 November 2018
12 Desember 20-22 Desember 2018
 
BIAYA KEGIATAN
Rp. 6.000.000,- /peserta * Non Residensial
Biaya tersebut belum termasuk penginapan selama kegiatan berlangsung
Fasilitas : Lunch,Coffe break 2 kali sehari, sertifikat, CD Materi dan seminar kit (Tas exclusive, Materi, Block Note, bullpoint, dll)
Kegiatan akan dilaksanakan dengan jumlah peserta minimal 5 orang

jenis training

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *