Pelatihan Teknik Pemeriksaan/ Investigasi Security

PENDAHULUAN

Dalam realita terdapat beberapa  masalah/ kasus yang sering terjadi di dalam lingkungan  perusahaan yang karena pertimbangan tertentu harus diselesaikan oleh pihak manajemen  secara internal. Hal tersebut mungkin berhubungan dengan penjatuhan sanksi, tindakan administratif, bahkan beberapa pelanggaran yang terjadi dalam perusahaan.  Laporan hasil investigasi merupakan dasar yang akan dijadikan  pertimbangan manajemen perusahaan untuk mengambil  kebijakan/ keputusan tertentu. Sebagaimana kita ketahui bersama  bahwa secara umum upaya pembuktian  berakhir di pengadilan sesuai dengan hukum acara yang berlaku, namun demikian investigasi  dapat dilakukan apa bila ada dasar yang layak bahwa sesuatu pelanggaran/ kebohongan/ fraud/ kejahatan  telah terjadi atau bahkan telah diperoleh sinyalemen yang lengkap termasuk beberapa unsur (saksi, barang bukti) bahwa telah terjadi suatu pelanggaran.

Mengingat bahwa tujuan akhir dari suatu investigasi yang telah dilakukan akan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan/ kebijakan oleh pihak manajemen  yang kemungkinan mempunyai implikasi yang luas bagi organisasi/ perusahaan/ lembaga. Oleh karena itu investigasi yang dilakukan harus memiliki nilai kebenaran yang  berdasarkan pada kekuatan pembuktian sehingga keputusan yang diambil lebih proporsional serta teruji kebenarannya.

Mencermati peran dan fungsi security/ Satuan Pengamanan (SATPAM) sebagai ujung tombak pengamanan (garda terdepan) yang kini tidak hanya dihadapkan  pada berbagai ancaman baik yang bersifat eksternal maupun  internal  (dalam proses produksi), namun meningkatkan profesionalitasnya sebagai pengemban fungsi Kepolisian di lingkungan kerjanya dengan kemampuan investigasi/ pemeriksaan, maka dengan ini kami akan menyelenggarakan pelatihan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan/ kemampuan dibidang investigasi dengan pendekatan tugas reserse bagi petugas keamanan/ pemangku kepentingan keamanan, para pengawas, SPI, supervisor  dll.

TUJUAN

  1. Peserta pelatihan diharapkan mampu dan terampil melakukan pemeriksaan/investigasi terhadap  kasus/ pelanggaran/ kejahatan yang terjadi dalam lingkungan kerja.
  2. Peserta pelatihan diharapkan dapat memahami dan bertanggung  jawab serta memberikan masukan  kepada pimpinan dalam kebijakan :
  3. Mengatasi permasalahan yang terjadi baik pelanggaran/ kejahatan sehingga tercipta situasi yang kondusif di dalam lingkungan kerja.
  4. Terciptanya security awareness dan security mindedness dilingkungan perusahaan, institusi.

MATERI

  1. Taktik teknik penyelidikan (wasmatcapulbaket)      
  2. Taktik teknik pemeriksaan  pendekatan tugas reserse
  3. Gelar perkara /presentasi  kasus.
  4. Peranan TKP terhadap pengungkapan kasus                 
  5. Simulasi/Praktek pembuatan laporan investigasi
  6. Simulasi/praktek
  7. Bedah kasus

PESERTA

  1. Komandan/Pimpinan/Anggota Satuan Pengamanan Perusahaan
  2. Komandan/Pimpinan/Anggota Satuan Pengamanan Perumahan
  3. Komandan/Pimpinan/Anggota Satuan Pengamanan Organisasi

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

NoBulanOpsi Tanggal PelatihanOpsi Tempat Pelatihan
1Januari22-24 Januari 2018 Hotel MM UGM Yogyakarta
Hotel LPP Garden Yogyakarta
Hotel LPP Convention
Fame Hotel Batam
Ibis Kuta Bali
2Februari15-17 Februari 2018
3Maret19-21 Maret 2018
4April26-28 April 2018

BIAYA KEGIATAN

Regular Training

Rp. 6.000.000,- /peserta * Non Residential

Biaya tidak termasuk biaya penginapan peserta

Fasilitas : Lunch & Coffe Break,Dokumentasi, Hardcopy /Softcopy materi dan Training Kit.

In House Training

Paket A : Rp. 4.500.000,- /peserta * Non Residential jika kuota peserta 10-15 orang

Paket B : Rp. 4.000.000,- /peserta * Non Residential jika kuota peserta 16-20 orang

Paket C : Rp. 3.500.000,- /peserta * Non Residential jika kuota peserta lebih dari 21 orang

Biaya tidak termasuk biaya penginapan peserta,biaya transportasi,akomodasi, instruktur, staff dokumentasi, coffe break dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

Fasilitas : Dokumentasi, Hardcopy /Softcopy materi dan Training Kit.

jenis training

Views All Time
Views All Time
7
Views Today
Views Today
1
Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *