Sertifikasi Keamanan Pangan – TUV Rheindland

TUVRheinland

Sertifikasi Keamanan Pangan
TUV Rheindland

 

 

Keamanan Pangan

lso 22000 adalah standar internasional keamanan pangan yang wajib untuk keamanan produk makanan di seluruh rantai pasok, hulu ke hilir. Standar ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan manajemen keamanan material, dan hal-hal lain yang menyangkut keamanan pangan.

Eco Hotel & Resort Management System (EHRMS)

Standard EHRMs dirancang khusus untuk sektor perhotelan dan pariwisata dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pemeliharaan lingkungan hidup melalui penghematan air & energy dan mengatur pembuangan limbah. Manfaat yang dapat diraih meliputi penghematan biaya operasional melalui optimalisasi energy dan konsumsi air.

Sertifikasi untuk Industri Hutan & Kayu

  1. Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) oleh Badan Akreditasi Nasional Indonesia (KAN)
    Adalah sertifikasi untuk membuktikan bahwa aktivitias produksi produk hutan (kayu non- kayu) telah memperhatikan kelangsungan fungsi produksi, ekologi dan social. Standard ini wajib dipenuhi oleh pemegang IUPHHK (Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu) di Indonesia
  2. Verifikasi Legalitas Kayu (VLK) oleh Badan Akreditasi Nasional Indonesia (KAN)
    Adalah proses verifikasi legalitas kayu untuk menunjukkan bahwa material kayu dan proses industrinya telah memenuhi peraturan pemerintah dan standard SVLK (kriteria, indicator, dan verifikasi). Standard ini wajib dipenuhi oleh pemegang lUPHHK dan komunitas industry hutan kayu (primer dan sekunder
  3. Sertifikasi lainnya, seperti: Sustainable Forest Management (SFM) & Chain of Custody (COC) yang terakreditasi oleh FSC (Forest Stewardship Council) dan LEI (Lembaga Ekolabel Indonesia)

Sertifikasi untuk Industri Kelapa Sawit

  1. RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil)
    Standard ini bertujuan untuk mempromosikan pertumbuhan dan penggunaan kelapa sawit yang dikelola secara lestari melalui kerjasama diantara anggota rantai-pasok dan dialog terbuka antara para pemegang kepentingan. Semua anggota rantai-pasok kelapa sawit, maupun perusahaan yang bekerjasama dengan mereka, dapat mengajukan sertifikasi RSPO
  2. ISPO (Indonesian Sustainable Palm oil)
    Dalam skala local Pemerintah Indonesia telah menetapkan standard ISPO yang dirancang untuk memastikan produksi kelapa sawit sesuai dengan peraturan dan hokum yang berlaku Indonesia sehingga meningkatkan nilai jualnya di pasar internasional. Mulai Maret 2012 semua perusahaan kelapa sawit, besar dan kecil, diwajibkan untuk melakukan audit & sertifikasi ISPO, paling lambat sampai dengan akhir tahun 2014
  3. Sertifikasi lainnya seperti: ISCC (International Sustainability and Carbon Certification) &  GHG Calculation

Social Audit & BSCI produksi

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kesadaran akan pentingnya aspek social dalam meningkat di seputar dunia. Pencemaran lingkungan, lingkungan kerja yang membahayakan, dan dipekerjakannya anak di bawah umur merupakan topic penting yang di kalangan industry. TUV Rheinland sebagai penyedia jasa independen telah melakukan ribuan audit setiap tahunnya. Sebagai bukti kompetensi, kami telah memperoleh akreditasi dari Social Accountability International (SAI). organisasi yang membuat standard SA8000, standard global pertama untuk system manajemen social.

LIMA

Sejak Januari 2012, London Bullion Market Association (LBMA) mensyaratkan semua perusahaan pemurnian emas ang terdaftar pada LBMA Good Delivery List untuk melakukan audit berdasarkan LBMA ponsible Gold Guidance. Audit pihak ketiga berdasarkan standard tersebut wajib dilakukan setiap tahun oleh pihak ketiga yang disetujui oleh LBMA. PT Tuv Rheinland Indonesia merupakan salah satu pihak yang disetujui oleh LBMA untuk melakukan audit tersebut.

Business Continuity Management

Insiden yang tidak terduga, seperti pemogokan buruh, gempa bumi, serangan teroris, kekurangan material, dan masalah infrakstruktur (seperti IT dan persediaan listrik) tidak dapat benar-benar dihindari. Tapi perusahaan dapat membuat persiapan untuk menghadapinya dengan efektif dan meminimalisasi dampak yang ditimbulkan. Perencanaan untuk keadaan darurat sangat penting bagi bisnis dewasa ini, untuk menjamin keamanan dan kelangsungan bisnis. Business Continuity Management (BcM) dapat membantu perusahaan mengurangi risiko pada bisnis dan gangguan pada proses i seperti pada rantai pasok. Rangkaian spesifik tindakan darurat da rencanaan penanggulangan bencana memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat.

Views All Time
Views All Time
15
Views Today
Views Today
1
Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *